10 Peristiwa Nasional Indonesia yang Paling Banyak Dicari di Google Selama 2021, Apa Saja?

Ilustrasi - Peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 menjadi trending nomor 1 di Google selama 2021. (Foto: Twitter)
Ilustrasi - Peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 menjadi trending nomor 1 di Google selama 2021. (Foto: Twitter)

Di antara penumpang tersebut adalah Mulyadi P. Tamsir, mantan Ketum PB HMI dan politikus Partai Hanura. Pesawat dipiloti oleh Kapten Afwan, mantan penerbang di TNI Angkatan Udara. Kopiliotnya adalah Diego Mamahit.

3. Bom Makassar

Pengeboman Makassar 2021 adalah sebuah peristiwa ledakan bom yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia pada tanggal 28 Maret 2021.

Pelaku bernama Ibrahim Ibnu Andra yang menyebabkan 20 orang mengalami luka-luka. Investigasi terhadap kejadian pengeboman ini terus berlanjut.

Pada malam hari tanggal 28 Maret, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pelaku berasal dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang terlibat dalam pengeboman terhadap sebuah katedral di Jolo, Filipina.

Baca juga:   Film Godzila Vs Kingkong Tayang Akhir Maret 2021, Ini Cerita dari Trailernya Hingga Trending Youtube

Peristiwa ini merupakan ledakan bom pertama di Indonesia dengan sasaran rumah ibadah setelah rangkaian ledakan bom di Surabaya pada tahun 2018 lalu.

4. PPKM Diperpanjang

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang disingkat dengan PPKM, adalah kebijakan Pemerintah Indonesia sejak awal tahun 2021 untuk menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

Sebelum pelaksanaan PPKM, pemerintah telah melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia.

PPKM berlangsung di beberapa wilayah yang menjadi titik penyebaran infeksi Covid-19, yakni di Pulau Jawa dan Bali.

Berjalannya waktu, penerapan PPKM di sejumlah wilayah di Indonesia terus diperpanjang hingga beberapa kali.

5. BPJS Ketenagakerjaan

Pemerintah Indonesia menghadirkan Subsidi Bantuan Langsung Tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja yang terdampak covid-19.