Ketauhi Kesehatan Mentalmu Dengan Cara Berikut

×

Ketauhi Kesehatan Mentalmu Dengan Cara Berikut

Bagikan berita
mental health (foto : Ilustrasi oleh finansialcom)
mental health (foto : Ilustrasi oleh finansialcom)

Nasional - Hari ini Selasa, (12/10/21) diperingati sebagai World Mental Health yaitu Hari Mental Sedunia. Berikut Cara Mengetahui Kesehataan Mental Anda.

Baca juga : Sembuhkan Kesehatan Mental di Kota Reykjavik

Masalah mental sampai saat ini, sering kali disamakan dengan ganguan kejiwaan atau gila. Atau, sebagai kelainan mental seperti psikopat dan sosiopat.

Padahal, masalah mental lebih luas dari pengertian-pengertian tersebut. Betapa pentingnya masalah mental ini, sampai ada peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia yang ditetapkan setiap tanggal 10 Oktober.

Kesehatan mental secara umum bisa dipahami sebagai kondisi mental yang sedang rapuh atau mendapatkan tekanan. Bisa juga terjadi karena adanya salah satu emosi yang terlalu mendominasi diri.

Sialnya, akibat pemahaman yang masih belum merata, masalah mental sering diabaikan. Lalu bagaimana cara mengecek kesehatan mental dengan benar?

Seperti dilansir dari USA TODAY, Senin (11/10/2021) Wright dan Lynn Bufka, direktur senior untuk transformasi praktik dan kualitas di American Psychological Association, menjelaskan tentang cara melakukan pemeriksaan kesehatan mental, yakni salah satunya dengan menyendiri atau menemukan tempat tenang.

Hal ini karena, mungkin sulit untuk mendengarkan apa yang dikatakan otak kita ketika kita sedang bekerja, merawat orang lain, atau terganggu.

Wright mengatakan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mental, Anda perlu ketenangan.

“Kami sangat terbiasa dengan multi-tasking sehingga kami tidak benar-benar memberi ruang untuk duduk dan merenung, katanya. Menjadwalkan waktu untuk diri sendiri akan menjadi komponen penting.”

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 26496
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini