Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2022 Rabiul Akhir 1444 H

×

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2022 Rabiul Akhir 1444 H

Bagikan berita
Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2022 Rabiul Akhir 1444 H
Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2022 Rabiul Akhir 1444 H

KLIKKORAN.COM - Berikut jadwal puasa Ayyamul Bidh Rabiul Akhir 1444 H di bulan Oktober 2022 Masehi ini.Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilakukan selama tiga hari pada pertengahan bulan menurut penanggalan Hijriah.

Yaitu setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriah, kecuali hari Tasyrik yang jatuh pada tanggal 13 Dzulhijjah.Baca Juga: Jumat Berkah! Ini Kumpulan Teks Doa Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022, Cocok Dibacakan Saat Upacara

Menurut sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam An Nasai, dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW selalu menjalankan puasa Ayyamul Bidh."Rasulullah, semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian, biasa berpuasa di Ayyamul Bidh ketika dia tidak bepergian atau ketika dia bepergian." (HR. Imam An Nasai nomor 2347).

Seperti disebutkan sebelumnya, Rasulullah (saw) biasa berpuasa pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan lunar.Dalam bahasa Arab, hari-hari ini disebut Al-Ayyam al-Bid, yang secara harfiah berarti 'hari-hari putih'.

Mereka juga disebut 'malam yang bersinar', 'malam yang cerah' dan 'hari yang cerah'.

Baca Juga: Jumat Berkah 30 September 2022, Ini Cara Mengirim Doa Yasin untuk Arwah Orang yang Sudah Meninggal

Apakah puasa disaat bulan purnama bermanfaat secara fisik?

Kita sudah tahu bahwa tarikan gravitasi bulan berdampak pada pasang surut.Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bulan purnama dapat mempengaruhi suasana hati dan siklus tidur kita.

Pada tahun 2019, BBC menerbitkan artikel yang merinci beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai bulan purnama.Namun demikian, para ilmuwan telah menyarankan bahwa:

  • Orang merasa sulit untuk tidur selama bulan purnama dan melaporkan tidur yang lebih buruk (bahkan dalam kondisi terkontrol di laboratorium tidur).
  • Hewan lebih cenderung menggigit kita saat bulan purnama.
  • Bulan purnama dapat mempengaruhi suasana hati kita, seperti yang ditunjukkan melalui penelitian yang dilakukan dengan pasien bipolar.
  • Editor : Saridal Maijar
    Sumber : 121685
    Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini