5 Fakta Keunikan Pernikahan Kaesang dan Erina, Tidak Terima Amplop hingga Larangan Pakai Batik

×

5 Fakta Keunikan Pernikahan Kaesang dan Erina, Tidak Terima Amplop hingga Larangan Pakai Batik

Bagikan berita
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram Kaesang Pangarep)
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram Kaesang Pangarep)

KLIKKORAN.COM - Ada 5 fakta dan keunikan dari rangkaian acara pernikahan anak bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang akan dihelat 10 Desember 2022 mendatang.

Salah satunya yaitu larangan memakai Batik Parang Lereng saat acara Tasyakuran sehari setelah menikah.

Alasannya, karena bagi mereka sesuai aturan adat daerah terkait, motif batik tersebut memiliki arti yang sakral di tempat pernikahan Pura Mangkunegaran.

Larangan lainnya yaitu, pihak mempelai tidak menerima amplop yang diungkapkan oleh kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo.

"Tidak ada (sumbangan). Saya dulu tidak ada yang pakai sumbangan, tidak ada kotak sumbangan, dan enggak usah bawa sumbangan," ujar Gibran melansir Investor.

"Tamu bisa rawuh (datang) kita sudah senang. Pada intinya, kita tidak mau merepotkan karena kalau bawa barang-barang kan nanti malah merepotkan," jelas suami Selvi Ananda tersebut.

Berikut fakta keunikan dari pernikahan Kaesang dan Erina lainnya yaitu jumlah mas kawin, jenis souvenir hingga perjalanan cinta mereka.

5 Fakta Keunikan Pernikahan Kaesang dan Erina

1. Motif Batik Parang Lereng

Melansir website goodnewsfromindonesia, Batik Parang merupakan jenis paling tua di Indonesia yang menggambatkan garis keturunan secara diagonal.

Jaman dulu, Batik Parang hanya digunakan oleh raja, penguasa dan ksatria dengan makna untuk tidak menyerah ibarat ombak laut yang tidak berhenti bergerak.

Dapat juga diartikan sebagai upaya jalinan untuk memperbaiki diri, memperjuangkan kesejahteraan dan bentuk pertalian keluarga yang tidak putus.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 133497
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini