9 Makanan dan Minuman Alami Ini Mampu Membersihkan Paru-paru, Simak Penjelasannya!

×

9 Makanan dan Minuman Alami Ini Mampu Membersihkan Paru-paru, Simak Penjelasannya!

Bagikan berita
9 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Mampu Membersihkan Paru-paru, Simak Penjelasannya! (Foto: Kesehatan - KONTAN)
9 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Mampu Membersihkan Paru-paru, Simak Penjelasannya! (Foto: Kesehatan - KONTAN)

KLIKKORAN.COM- Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai peran penting terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Namun sangat di sayangkan banyak di luar sana yang bisa membikin paru-paru kian rusak.

Tak cuma asap rokok, udara yang terpapar saat beraktivitas sehari-hari juga bisa membuat paru-paru jadi kotor. Kondisi seperti ini bisa membuat paru-paru terasa berat.

Membersihkan paru-paru bukanlah suatu hal yang tak mungkin. Ada banyak cara untuk melakukannya.

Baca juga: Legit! Trik Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis Rp 2 Juta Langsung Cair, Aplikasi Penghasil Uang 2022

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat membersihkan paru-paru. Apa saja?

Kali ini Klikkoran.com telah merangkum daftar makanan dan minuman alami yang dapat membersihkan paru-paru dari berbagai sumber.

Berikut 9 obat alami yang dapat membersihkan paru-paru:

1. Apel.
Apel sarat dengan berbagai nutrisi. Kandungan flavonoid dan berbagai vitamin lainnya membantu mempertahankan sistem pernapasan yang sehat. Apel juga menjadi salah satu makanan yang sering disarankan oleh ahli gizi untuk membantu mengatasi masalah pada paru-paru.

2. Bawang putih.
Sifat anti-inflamasi dan tingkat allicin yang tinggi pada bawang putih dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru.

3. Teh hijau.
teh hijau mengandung banyak senyawa antioksidan yang membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dari pada mereka yang tak pernah meminum teh hijau sama sekali.

4. Kacang merah.
Kacang merah beserta beberapa jenis kacang lainnya seperti lentil, kedelai, dan kacang polong merupakan makanan yang bersifat meningkatkan kadar hemoglobin.

Hemoglobin sendiri sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan transportasi oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

5. Madu dan Air Hangat
Air hangat efektif dalam mendetoksifikasi tubuh. Apabila air hangat dipadukan dengan pemanis alami seperti madu, maka minuman tersebut menjadi lebih ampuh dalam mengatasi serangan radikal bebas. Minuman campuran air hangat dengan madu sangat bagus untuk membantu paru-paru dalam melawan polutan. Hal ini disebabkan adanya sifat anti-inflamasi pada madu, yang efektif dalam mengurangi peradangan.

6. Minuman Kayu Manis.
Minuman dengan campuran kayu manis. Kayu manis sarat akan antioksidan dan punya sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu dalam mengurangi peradangan pada paru-paru, menurunkan tekanan darah, dan mengontrol kadar gula darah. Dilansir dari Times Now News, sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat anti-inflamasi dan antioksidan ini bermanfaat bagi penderita kanker paru-paru, baik sebelum dan sesudah perawatan.

7. Jahe.
Sifat anti-inflamasi pada jahe dapat membantu dalam membersihkan paru-paru secara alami.

Anda hanya perlu menambahkannya ke dalam secangkir teh di pagi hari. Campur dengan lemon dan madu. Campuran ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari saluran pernapasan.

8. Kunyit.
Kunyit mungkin jadi makanan yang memberikan dampak bagi kesehatan secara menyeluruh, termasuk diantaranya paru-paru.

Sebagai makanan pembersih paru-paru, kunyit dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh masalah pernapasan. Mengutip Times of India, senyawa aktif dalam kunyit membantu membersihkan paru-paru secara alami.

9. Bit.
Warna cerah yang dimiliki oleh bit mengandung senyawa yang dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru.

Mengutip Healthline, bit dan buah atau sayuran kaya nitrat lainnya bermanfaat untuk paru-paru. Nitrat membantu mengoptimalkan pengambilan oksigen.

Suplemen bit juga bahkan telah terbukti dapat meningkatkan kinerja paru-paru pada orang dengan COPD.

Demikian penjelasan makanan dan minuman yang dapat membersihkan paru-paru. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

(KK)

Nonton Juga Video dari Klikkoran.com:

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=3_mbDxlePig[/embed]

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 132644
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini