Arti Kata Anhum atau Fa'Fu Anhum dalam Islam Adalah Apa? Makna Surat Ali Imran ayat 159

×

Arti Kata Anhum atau Fa'Fu Anhum dalam Islam Adalah Apa? Makna Surat Ali Imran ayat 159

Bagikan berita
Arti Kata Anhum atau  Fa'Fu Anhum dalam Islam Adalah Apa Ini Makna Surat Ali Imran ayat 159 (foto: beytlik/pexels)
Arti Kata Anhum atau  Fa'Fu Anhum dalam Islam Adalah Apa Ini Makna Surat Ali Imran ayat 159 (foto: beytlik/pexels)

KLIKKORAN.COM - Artikel ini mengulas tentang arti kata "Anhum"dan "Fa'Fu Anhum" dalam islam dan contoh ayat yang menerangkan istilah ini.Ketahui arti "Anhum" dan "Fa'Fu Anhum" berikut ini agar untuk mengetahui makna sebenarnya dari  kata tersebut.

Kata "Anhum"dan "Fa'Fu Anhum" dapat dijumpai dalam percakapan sehari-hari baik dalam konten video islami di Tiktok dan terutama di kawasan pesantren dan pengajian.Nah, apakah Anda sudah mengetahui apa arti sebenarnya dari kata tersebut?

Bagi yang belum tau, tentu kata "Anhum"dan "Fa'Fu Anhum" terasa membingungkan ketika ustadz atau ulama menyebutkan kata tersebut.Mari simak simak sampai habis untuk mengetahui makna dari kata "Anhum" ataupun "Fa'Fu Anhum" agar lebih memahaminya.

Penjelasan

Fa'Fu Anhum adalah kata yang memiliki arti 'maafkanlah mereka'. Hal ini diterangkan dalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 159 tentang memaafkan, yang berbunyi:

"فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ"Latin: Fabimaa rohmatim minalloohi linta lahum. Walau kunta fadhdhon gholiidhol qolbi lanfadldluu min haulik. Fa’fu ‘anhum wastaghfirlahum wasyaawirhum fil amr. Fa,idzaa azamta fatawakkal ‘alallooh. Innallooha yuhibbul mutawakkiliin

Artinya:Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS: Ali Imran ayat 159).

Jadi, potongan Surat Ali Imran ayat 159 menerangkan bahwa "Karena itu maafkanlah mereka (fa'fu anhum), mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu".Makna QS Ali Imran ayat 159

Kandungan makna yang terdapat dalam Surat Ali Imran ayat 159 berkaitan dengan tiga hal yang dilakukan sebelum bermusyawarah, yaitu :

  1. Bersikap lemah lembut.Orang yang melakukan musyawarah harus menghindari tutur kata yang kasar serta sikap keras kepala. Jika tidak,maka mitra musyawarah akan pergi menghindar.
  2. Memberi maaf dan bersedia membuka diri.Kecerahan pikiran hanya dapat hadir bersamaan dengan sirnanya kekerasan hati serta kedengkian dan dendam.
  3. Editor : Saridal Maijar
    Sumber : 139023
    Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini