Beberapa Tanda-tanda Gejala Batu Empedu dan Cara Pengobatan Serta Pencegahan yang Bisa Dilakukan

×

Beberapa Tanda-tanda Gejala Batu Empedu dan Cara Pengobatan Serta Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Bagikan berita
Beberapa Tanda-tanda Gejala Batu Empedu dan Cara Pengobatan Serta pencegahan yang Bisa Dilakukan
Beberapa Tanda-tanda Gejala Batu Empedu dan Cara Pengobatan Serta pencegahan yang Bisa Dilakukan

KLIKKORAN.COM - Batu empedu adalah salah satu keadaan tubuh yang dimana penderita akan merasakan nyeri pada bagian perut bagian kanan atas.Gangguan kesehatan ini terjadi karena adanya batu yang berada kantung empedu itu sendiri. Batu empedu terbentuk dari adanya pengendapan kolesterol  yang menjadai keras dalam tubuh manusia.

Penyakit batu empedu atau yang disebut dengan cholelithiasis, jarang bisa dikenali gejalanya yang mirip dengan gangguan pencernaan pada umumnya.Cholelithiasis yang masih berukuran kecil biasanya tidak perlu mendapatkan penanganan dari rumah sakit, tapi jika sudah menyumbat saluran empedu tentu harus cepat-cepat ditindak agar tidak terjadi komplikasi lainnya.

Batu yang masih mengecil pada sebagian orang tidak menunjukan gejala apapun, jika sudah berjalan dan masuk dalam saluran empedu maka penderita akan merasakan nyeri pada bagian perut.Beberapa tanda-tanda seseorang mengalami gangguan batu empedu:

  • Terasa nyeri pada bagian perut kanan atas hingga punggung belakang
  • Penderita akan merasakan mual dan muntah
  • perut akan terasa keram
  • Merasakan nyeri pada bagian bahu sebelah kanan
  • Kembung pada bagian perut dan bersendawa
  • Diare
  • Feses akan berwarna keabu-abunan
Dilansir dari Aladokter, Batu empedu diduga muncul akibat endapan kolesterol dan bilirubin di dalam kantung empedu. Endapan tersebut terjadi akibat cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati batu Empedu Secara Alami Tanpa Operasi
Gejala utama batu empedu adalah nyeri di bagian kanan atas atau tengah perut yang muncul secara tiba-tiba. Sakit perut juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, hilang nafsu makan, urine berwarna gelap, sakit maag, dan diare.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala di atas, terutama bila disertai demam, menggigil, penyakit kuning, atau sakit perut yang berlangsung lebih dari 8 jam.

Cara Pengobatan dan Pencegahan Batu Empedu

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 143601
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini