Arti Kata Sengkuni Leda Lede dalam Lagu Cintamu Sepahit Topi Miring

×

Arti Kata Sengkuni Leda Lede dalam Lagu Cintamu Sepahit Topi Miring

Bagikan berita
Arti Kata Sengkuni Leda Lede dalam Lagu Cintamu Sepahit Topi Miring
Arti Kata Sengkuni Leda Lede dalam Lagu Cintamu Sepahit Topi Miring

KLIKKORAN.COM - (17/03/2023) Arti dari kata Sengkuni Leda Lede menjadi perbincangan di media sosial karena viralnya lagu "Cintamu Sepahit Topi Miring" yang dinyanyikan oleh Jogja Hip Hop Foundation yang terdiri dari rapper-rapper lokal asal Jogja.Lagu hip hop dengan bahasa Jawa ini menjadi viral di media sosial dan banyak konten kreator menjadikannya sebagai musik latar untuk video mereka.

Cintamu Sepahit Topi Miring sangat dikenal dengan lirik "Sengkuni leda lede, mimpin baris ngarep dhewe" pada lagunya. Sebenarnya, apa sih arti dari kata Sengkuni leda lede?

Arti Sengkuni Leda Lede:

"Sengkuni" (Sangkuni) adalah salah satu tokoh antagonis dalam dunia pewayangan Jawa yang memiliki karakter licik yang suka menghasut. Sedangkan arti dari kata "Leda lede" merujuk pada orang yang tidak punya pendirian (tidak konsisten) atau dalam bahasa gaul disebut plin plan. Jadi, Sengkuni leda-lede artinya adalah Sengkuni yang tidak punya pendirian.Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia, plin plan bisa disebut sebagai orang tidak teguh pendirian. Tipe dan karakter setiap orang berbeda. Ada yang tegas, ada yang lembek. Ada yang kuat pendiriannya, tapi ada juga yang gampang terpengaruh, inilah yang dimaksud dengan orang yang tidak konsisten.

Apa saja ciri-ciri dari orang yang plin-plan atau yang tidak punya pendirian?1. Orang yang plin-plan tidak pernah konsisten ketika dia menjelaskan sesuatu hal, karena selalu berubah-ubah.

2. Selalu Ragu/tidak punya jawaban pasti ketika memutuskan sesuatu. Karena terlalu banyak pertimbangan, sehingga merasa sulit dan tidak dapat mengambil keputusan sendiri.3 .Orang yang tidak punya pendirian selalu sulit menjadi diri sendiri, karena mudah terpengaruh oleh orang lain. Seperti hobi, kebiasaan atau perilaku.

4. Orang dengan kepribadian ini sangat merasa bersalah ketika mengatakan "TIDAK", karena takut membuat orang lain kecewa sehingga menjadi beban bagi diri sendiri.

Sengkuni dalam Pewayangan Jawa

Mengutip wikipedia, Ia merupakan paman para Korawa yakni dari pihak ibu. Sangkuni dengan perawakan tegap dan rambut sebahunya yang di kuncir ke belakang, terkenal sebagai tokoh licik yang selalu menghasut para Korawa agar memusuhi Pandawa.Ia berhasil merebut Kerajaan Indraprastha dari tangan para Pandawa melalui sebuah permainan dadu. Menurut Mahabharata, Sangkuni merupakan personifikasi dari Dwaparayuga, yaitu masa kekacauan di muka Bumi, pendahulu zaman kegelapan atau Kaliyuga.

Baca juga: Terjemahan dan Arti Lirik Lagu Cintamu Sepahit Topi Miring by Jogja Hip Hop FoundationItulah informasi mengenai kata Sengkuni Leda Lede dalam lagu "Cintamu Sepahit Topi Miring" dari Jogja Hip Hop Foundation.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari dari kata yang tengah viral di media sosial saat ini.(KK)

 

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 145443
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini