Alat Pencatat Gempa Bumi Terpasang dan Berfungsi di BPBD Mentawai

  • Bagikan
MENTAWAI – BMKG Padang Panjang lakukan Pemasangan Instalasi Seismograf Miniri Regional di Pulau Sipora, pekerjaannya selesai di lakukan yang berpusat di Shelter Kantor BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Jumat (04/12/2020). “Pada hari ini sudah dilakukan uji fungsi peralatan dan pengiriman data langsung dari lokasi ke Pusat Gempa Nasional Jakarta”, ujar team BMKG Padang Panjang Syamsir. Kegiatan Uji fungsi ini diwakilkan oleh tim teknisi PT. LEN dengan PIC oleh Bapak Rizki beserta tim, Amir Ahmari Kabid KL BPBD Kabupaten Mentawai, dan Syamsir Okraindi dari BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol covid19. Lebih jauh di katakan Syamsir, pemasangan alat pencatat gempa bumi (Sensor Miniregional Seismograph) ini diawali sekitar bulan Februari 2020 dengan permohonan ijin Bupati.
Baca juga:   Covid-19 Masih Menyerang, Tingkatkan Prokes Danramil 03 Sipora Berbagi Masker
Dilanjutkan pembangunan selter (gedung) penyimpan alat, dan Instalasi peralatan dan berakhir hari ini dengan Uji Fungsi Alat. Meski terkendala karena kondisi pandemi, alhamdulillah pembangunan, pemasangan, dan uji fungsi alat dapat dilakukan pada hari ini, ujar Syamsir dari BMKG sesaat setelah pemasangan alat. Pembangunan Sensor ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi data yang bagus untuk Analisa gempa bumi dan Sistem Peringatan dini Tsunami di Indonesia, kata dia. Sebelumnya di BPBD Mentawai juga sudah dipasang, WRS New Gen (Warning Receiver System New Generation), sebagai media Diseminasi Informasi Gempa bumi nantinya. Pemasangan dua alat seperti ini di Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan bentuk sistem terintegrasi alat BMKG dalam Pengamatan dan Diseminasi Informasi, terang Syamsir.
Baca juga:   Angka Kasus Covid-19 Mentawai Terus Menanjak, Berikut Rinciannya
Data dari BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai ini, melengkapi data dari pemasangan 15 sensor di tahun 2019 dan 1 sensor di 2020. Tahun depan, BMKG Sudah mencanangkan pembangunan selter serupa untuk pulau lainnya di Mentawai, lanjutnya.
  • Bagikan