Apa Itu Day Dream? Berikut Manfaat serta Efek Negatif yang Dihasilkannya

Berikut pengertian apa itu Day Dream serta manfaat dan efek negatifnya

Ilustrasi, (Foto: Istimewa)
Ilustrasi, (Foto: Istimewa)

KLIKKORAN.COM – Berikut dalam artikel ini akan membahas pengertian apa itu day dream serta manfaat dan efek negatifnya.

Untuk kamu ketahui, day dream merupakan kondisi psikologis seseorang yang masuk pada alam mimpi, namun orang yang mengalami day dream masih dalam keadaan sadarkan diri.

Day dream atau yang biasa disebut melamun ini ternyata dipicu oleh hasrat atau keinginan yang sering kali tidak terwujud biasanya sering terjadi pada anak-anak.

Baca juga: Apa Itu Bulan Safar? Berikut Penjelasanya serta Sejarahnya

Dimana prilaku orangtua yang terlalu mengekang, menentang aktivitas, melarang, sehingga menyebabkan anak memasuki kondisi melamun agar dapat memuaskan perasaan ingin diakui, diperhatikan dan disayang. Namun tentu saja kondisi ini juga sering terjadi pada orang dewasa.

Day dream ini sering juga terjadi pada seseorang yang pada kehidupan nyatanya memilukan, sehingga memasuki kondisi day dream, supaya bisa meringankan beban ataupun mencari pelarian.

Macam Macam Day Dream 

1. Day Dream Berisi Aksi Kepahlawanan

Dalam lamunan ini seseorang berkhayal menjadi tokoh besar, ataupun menjadi pahlawan. Biasanya day dream ini membayangkan bahwa ia melakukan pekerjaan berjasa, pekerjaan besar, terpandang sehingga menjadikan dirinya seolah-olah tokoh yang terkenal, dihormati, dan dikenal banyak orang.

Baca juga: Apa Itu Penyakit Varikokel pada Pria? Kenali Penyebab, Gejala, Cara Pencegahan dan Pengobatan

2. Day Dream Permusuhan

Day dream permusahan ini menjadikan seseorang berkhayal akan adanya permusuhan, peperangan, pertikaian, bencana besar, kejadian besar, atau bencana kematian yang menimpa beberapa orang yang dianggap baginya sebagai penghalang dalam memenuhi keinginan-keinginan seseorang tersebut.

Seseorang yang dalam kondisi day dream ini menghayalkan istri, atau pasangannya mati. Dikarenakan di kehidupan nyatanya pun orang tersebut tidak bisa lepas dari pasangannya.

3. Day Dream Berisi Keinginan Mati

Pada tahap day dream ini biasanya seseorang menghayalkan dirinya dalam kondisi terburuk, baik itu tertimpa bencana, dalam kondisi bahaya ataupun kondisi dimana nyawanya terancam. Bahkan ia bisa membayangkan dirinya sedang mendapati penyakit keras yang tidak ada obat dan akan segera meninggal.

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Klikkoran.com di Google News