Apa Itu Penyakit Varikokel pada Pria? Kenali Penyebab, Gejala, Cara Pencegahan dan Pengobatan

Apa Itu Penyakit Varikokel Pengertian, Penyebab, Gejala, Cara Pencegahan dan Pengobatan
Apa Itu Penyakit Varikokel (Sumber foto: iaui.or.id/Operasi varikokelektomi dengan metode mikroskopik yang dikerjakan di RS Universitas Indonesia (RSUI) oleh dr Widi Atmoko SpU(K) dan dr. Dyandra Parikesit, BMedSc, Sp.U)

KLIKKORAN.COM – Berikut ulasan tentang arti penyakit Varikokel pada pria dalam dunia kesehatan lengkap dengan penyebab, gejala, cara pencegahan dan pengobatannya.

Sehari terakhir, pencarian arti kata Varikokel saat ini tengah trending pencariannya di google.

Saat berselancar di media sosial, netizen seringkali menemukan kata asing dan mencari artinya dari berbagai sumber.

Tak heran jika netizen mencari arti kata yang mereka temukan pada berita televisi bahkan di media sosial.

Dan saat ini netizen mulai penasaran dengan arti kata Varikokel yang mendadak menjadi viral.

Nah, bagi kamu yang belum tahu, inilah ulasan tentang Varikokel seperti yang kami rangkum dari berbagai forum kesehatan.

Baca Juga: Apa Itu Goli Goli (Guli Guli) pada Pria? Kenali Fungsi dan Resiko Penggunaannya

Apa Itu Penyakit Varikokel?

Menurut alodokter.com, Varikokel adalah penyakit kelamin yang ditandai dengan pembengkakan pada pembuluh darah vena dalam kantong zakar (skrotum). Penyakit ini  juga dikenal dengan Varises Testis.

Kondisi ini bisa menyebabkan kualitas dan kuantitas sperma menurun, testis gagal berkembang atau menyusut, bahkan kemandulan.

Normalnya, pembuluh darah yang membawa darah dari buah zakar (testis) ke penis tidak akan teraba. Namun, pada penderita varikokel, pembuluh darah tersebut akan membengkak sehingga skrotum terlihat seperti mengandung banyak cacing. Kondisi ini sekilas akan tampak seperti varises yang terjadi di tungkai.

Banyak ahli mengatakan, Varikokel diperkirakan dijumpai pada sekitar 15% laki-laki pada populasi umum dengan sebagian besar penderita varikokel berada pada usia reproduksi.

Risiko varikokel meningkat hingga 8 kali lebih besar bila memiliki keluarga dengan riwayat varikokel.

Apakah Penyakit Varikokel Berbahaya?

Secara umum, Varikokel tidak menimbulkan gejala dan tidak berbahaya. Namun, kondisi ini juga bisa menyebabkan nyeri yang kemunculannya tidak menentu.

Bahkan pada beberapa kasus varikokel bisa menghambat perkembangan testis sehingga berisiko menyebabkan gangguan kesuburan.

Apa Penyebab Penyakit Varikokel?

Di sepanjang pembuluh darah vena, terdapat katup satu arah yang membuka aliran darah menuju jantung dan langsung menutup saat aliran darah melambat.