10 Bahaya Kebiasaan Tidur Pagi, Salah Satunya Menyebabkan Stroke

×

10 Bahaya Kebiasaan Tidur Pagi, Salah Satunya Menyebabkan Stroke

Bagikan berita
Ilustasi tidur pagi hari, (Foto: Istimewa)
Ilustasi tidur pagi hari, (Foto: Istimewa)

KLIKKORAN.COM - Di dalam keseharian manusia, tidur adalah salah satu kegiatan untuk beristirahat dan menjaga energi tubuh agar tetap sehat dan fit.

Sebagai seorang muslim kita diwajibkan agar senantiasa bangun tidur pada waktu subuh untuk menunaikan ibadah sholat Subuh. Namun harus diakui bahwa tidak sedikit dari kita kembali tidur setelahnya.

Menurut perspektif fiqih, tidur setelah subuh merupakan perbuatan dengan hukum taklifi yakni makruh, sesuai dengan kesepakatan jumhur ulama yang diungkapkan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah melalui laman Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UI.

Selain itu, Rasulullah SAW menjadikan tidur setelah subuh sebagai salah satu larangan yang harus dihindari khususnya umat muslim. Sebagaimana yang telah beliau sabdakan :

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نَوْمُ الصُّبْحَةِ يَمْنَعُ الرِّزْقَ

Nabi Muhammad bersabda: Tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki. (HR Ahmad dan Baihaqi).

Dan bagi umat muslim yang tidak tidur setelah subuh kemudian mereka langsung melakukan aktivitas yang sifatnya baik, maka Rasulullah SAW mendoakan mereka.

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِاُ مَّتِى فِى بُكُوْرِهَاوَكَانَ اِذَابَعَثَ سَرِيَّةً بَعَثَهُمْ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ.

Rasulullah SAW bersabda: Ya Allah, berkahilah untuk umatku dalam kegiatan paginya. Dan apabila Rasulullah mengirimkan pasukan, Rasulullah mengirim sejak pagi-pagi. (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Dalam hal ini, para pakar kesehatan seperti dokter spesialis penyakit dalam, Hasan Maulahela mengatakan banyaknya dampak negatif yang muncul dari kebiasaan tidur pagi.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 93816
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini