Update Covid-19 Indonesia: Tidak Ada Zona Merah

×

Update Covid-19 Indonesia: Tidak Ada Zona Merah

Bagikan berita
Ilustrasi suarajogja.id : (Shutterstock)
Ilustrasi suarajogja.id : (Shutterstock)

Kesehatan - Data terakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia menunjukkan hasil bahwa Indonesia tidak lagi masuk zona merah, per update 19 September 2021 ini.

Baca juga : Vaksin Covid-19 Mulai Disuntikkan Negara Kuba Pada Anak 2 Tahun

Zona merah disebut wilayah dengan tingkat penularan virus corona (covid-19) yang masih tinggi alias rawan pada sepekan terakhir, usai sepekan sebelumnya mencatat zona merah tersisa di Kota Banda Aceh, Aceh.

Sebagaimana diketahui, peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan.

Indikator yang digunakan adalah indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Lebih lanjut, Satgas juga mencatat zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19 yang mengalami penurunan jumlah.

Dari pekan lalu yang tercatat sebanyak 89 wilayah zona oranye, maka pekan ini berkurang menjadi 31 kabupaten/kota zona oranye.

Sementara itu, zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 mengalami peningkatan menjadi 481 wilayah, dibandingkan data pekan lalu yang mencatat 423 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning.

Seluruh kabupaten dan kota administrasi di DKI Jakarta masuk kategori ini.

Untuk zona hijau, Kabupaten Pegunungan Arfak di Papua Barat dan Kabupaten Intan Jaya di Papua menjadi dua daerah yang melaporkan tidak ada penambahan kasus.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 25798
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini