Daftar Tanggal Merah November 2022, Apakah Hari Pahlawan dan Hari Guru Nasional Libur?

Kalender November 2022
Kalender November 2022. (Foto: Pixabay/istockphoto)

KLIKKORAN.COM – Tak terasa, sudah memasuki bulan November 2022. Apakah ada tanggal merah dan hari libur nasional di bulan November 2022 ini?

Ada beberapa peristiwa penting yang harus diketahui di bulan November ini. Di antaranya adalah Hari Pahlawan Nasional dan Hari Guru Nasional.

Hari Pahlawan Nasional jatuh pada tanggal 10 November 2022, sementara Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November.

Baca juga: Dapat Uang Gratis Rp3 Juta Per Hari, Aplikasi Survei Penghasil Uang Ini Apakah Terbukti Membayar?

Apakah peringatan Hari Pahlawan Nasional dan Hari Guru Nasional tersebut termasuk ke dalam daftar tanggal merah dan hari libur?

Berdasarkan penelusuran Klikkoran.com, Hari Pahlawan Nasional dan Hari Guru Nasional tidak terdaftar dalam tanggal merah dan libur nasional.

Sehingga, disimpulkan tidak ada liburan tambahan bagi kamu selain memanfaatkan waktu berakhir pekan selama bulan November 2022.

Hari Pahlawan Nasional 2022

Salah satu perayaan Hari Besar Nasional yang terjadi pada 10 November 2022 telah dikonfirmasi tidak terdaftar tanggal merah dan libur.

Alasannya telah dipublikasikan sejak tahun lalu dalam SKB (Surat Keputusan Bersama) Tiga Menteri Nomor 712/2021, Nomor 1/2021 serta Nomor 3/2021.

Baca juga: [Quotes] 16 Kata Bijak tentang Sumpah Pemuda dari Pahlawan Indonesia yang Penuh Makna dan Memotivasi

Keputusan SKB 3 Menteri tersebut, terdiri dari Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Menurut sejarahnya, 10 November diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan pahlawan.

Hari Guru Nasional 2022

Pernyataan terkait Hari Guru Nasional 2022 yang tidak libur, sudah tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994 lalu.

Isi keputusan tersebut, menghadirkan jenis perayaan yang dilakukan setiap tanggal 25 November 2022 yaitu dengan pelaksanaan upacara bendera.

Perayaannya juga telah disepakati bersamaan dengan Hari Ulang Tahun PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), yang terbentuk sejak 1995.

Baca juga: Pantun Hari Guru Sedunia 5 Oktober 2022 untuk Jadikan Status WA dan Posting Sosmed IG, FB, Twitter dan TikTok

Awalnya, perayaan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI berbeda. Namun pada 2005 disepakati tanggal 25 November sebagai bentuk penyeragaman.

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Klikkoran.com di Google News

Baca juga:   Profil dan Biodata Pahlawan Nasional dari Provinsi Kalimantan Barat: Tumenggung Setia Pahlawan