Dosen UIN MY Batusangkar Berikan Materi Terkait Peluang dan Tantangan Industri Media di SMKN 3 Sungai Penuh Jambi

Dosen UIN MY Batusangkar berfoto bersama dengan siswa/i dan guru di SMKN 3 Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. (Foto: UIN MY Batusangkar)
Dosen UIN MY Batusangkar berfoto bersama dengan siswa/i dan guru di SMKN 3 Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. (Foto: UIN MY Batusangkar)

KLIKKORAN.COM – Dosen Keilmuan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus (MY) Batusangkar telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMKN 3 Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Dalam kegiatan ini, dosen-dosen keilmuan komunikasi melakukan pengabdian dengan mengangakat tema “Peluang dan Tantangan Industri Media”.

Dalam kegiatan pengabdian ini sengaja siswa/i diijadikan sasarannya dikarenakan banyak para remaja atau muda-mudi yang terkesan mengalami “kagok” ataupun dalam istilah komunikasi disebut Cultural Shock.

Baca juga: Bangkitkan Destinasi Wisata Seribu Rumah Gadang di Solok Selatan, Dosen UIN MY Batusangkar Dampingi Pokdarwis

Hal itu dapat dilihat dengan banyaknya para remaja yang menggunakan new media hanya sekadar untuk kesenangan sesaat, dan cenderung ke arah penggunaan yang sifatnya negatif.

Hal inilah yang membuat dosen yang tergabung dalam Konsorsium Keilmuan Komunikasi UIN MY Batusangkar untuk memberikan arahan, bimbingan, serta motivasi terhadap siswa/i dalam penggunaan media, dan bahkan untuk terjun langsung sebagai praktisi media tersebut.

Konsorsium keilmuan komunikasi menjadikan SMKN 3 Sungai Penuh sebagai wadah untuk melakukan pengabdian dikarenakan sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang popular dan berada di Kotamadya terbesar kedua di Provinsi Jambi, yang mana rentan terhadap keseharian yang negatif, khususnya pada penggunaan new media.

Dalam sambutannya, Julianto Kepala Sekolah SMKN 3 Sungai Penuh mengatakan pilihan siswa/i jurusan multimedia sudah berada di jurusan yang tepat.

Baca juga: Tiga Dosen dari Sumatera Barat Bahas 3 Temuan Penting Hukum Adat Ammatoa Kajang di Kabupaten Bulukumba

“Anda semua sudah tepat ada di jurusan multimedia, karena saat ini perkembangan media begitu pesat, bapak dan ibu dosen dari konsorsium keilmuan komunikasi akan menambah pengetahuan dan mempertegas pilihan tepat tersebut,” kata Julianto.

Dua materi utama yang disampaikan narasumber yakni Gateekeper dan pemanfaatan new media oleh Oktri Permata Lani dan peluang bekerja di industri media oleh Andri Maijar berhasil menarik perhatian dari para peserta.

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Klikkoran.com di Google News