Info Gempa Terkini di Pulau Sumatera, Wilayah Bengkulu Utara dan Mentawai Sumatera Barat

  • Bagikan
Ilustrasi gempa. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi gempa. (Foto: Shutterstock)
Info Gempa – Wilayah Bengkulu kembali diguncang gempa berkekuatan 4.9M, tepatnya di kedalaman 3 kilometer dengan 3,38 Lintang Selatan- 101.77 Bujur Timur. Baca juga : Gempa 7.0M Sebabkan Kerusakan Infrastruktur di Sulawesi Utara, BPBD: Terkait Korban Masih Dimonitoring Pusat Pusat berada di laut 47 kilometer Barat Laut Bengkulu Utara, pada Sabtu (06/03/21) sekitar pukul 01.56 WIB. Gempa dirasakan dalam skala mercalli III di Kota Bengkulu, Lebong. Skala mercalli III artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, seperti yang diberitakan oleh portal online Mardeka. Sementara di Rejang Lebong gempa dirasakan dalam skala mercalli II. Artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
Baca juga:   Berbagai Wilayah Indonesia Alami Gempa Diatas M5,0 Dalam Sehari
Demikian dikutip dari keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situsnya. Belum ada keterangan terkait dampak gempa ini.
Baca juga : Sesar Lembang Dilaporkan Alami Gempa, Ini Tanggapan BMKG Terkait AKtivitasnya Selain di Bengkulu, sebelumnya wilayah pulau Sumatera lain juga diguncang gempa berkekuatan 5.8M di Mentawai, Sumatera Barat.
Baca juga:   Gempa Sumbar 6.3M Hari Ini 17 November 2020, Untungnya Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa cukup keras terasa menggoyang-goyang di Kota Padang, Painan, dan Pariaman pada Jumat siang menjelang sore ini, 5 Maret 2021. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa tersebut berkekuatan 5,8 dalam skala Magnitudo pada pukul 14.32 WIB. Sumber gempa disebutkan berasal dari darat di Kepulauan Mentawai dengan kedalamannya 24 kilometer, dikutip dari Tempo. Intensitas guncangan gempa itu bisa dirasakan hingga Skala IV MMI di Kota Padang, Pariaman, juga Painan–ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
  • Bagikan