Jokowi Perluas Transaksi Pasar Digital Untuk Dukung UMKM Bersinergi

  • Bagikan
Presiden Jokowi (foto : ist)
Nasional – Presiden Joko Widodo meminta para pemangku jabatan untuk bersinergi mendorong UMKM dengan sistem digital agar bisa memperluas pasar dan meningkatkan transaksi, yang membuat namanya jadi trending topik twitter sore ini. Baca juga : Mengintip Nasib Para Pelaku UMKM Pasca Hari UMKM Nasional Tagar #UMKMGoDigital dan #JokowiDigitalisasiUMKM pun marak dimedia sosial, berikut beberapa fakta yang harus diketahui terkait realisasi digital yang disebut bisa bermanfaat bagi seluruh sendi kehidupan ini.
Baca juga : Selain BTS, Coldplay juga Ajak Duet Jokowi? Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate sebelumnya, juga telah mengajak dan mendorong artisan lokal dan pelaku UMKM untuk melakukan penjualan digital agar produk lokal bisa menjangkau pasar yang tidak terbatas.
Baca juga:   Ini Pesan Presiden Jokowi Peringati Hari Dokter Nasional
Jokowi menyebut bahwa sistem e-commerse tersebut harus dikembangkan dan dikelola sebaik-baiknya, karena transformasi digital tersebut harus tepat dalam menjaga kedaulatan dan kemandirian bangsa. “Strategi besar bisnis negara yang akan kami rencanakan untuk kedepannya ada tiga yaitu, hilirisasi industri. Kedua, digitalisasi UMKM dan Ekonomi Hijau,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutan kegiatan Peresmian Pembukaan Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. “Kita Indonesia tidak boleh menjadi korban perdagangan digital yang tidak adil,” jelasnya. Menurut Presiden Indonesia urutan ke-6 tersebut, negara Indonesia berpotensi besar untuk mengembangkan digital ekonomi seperti halnya dengan negara lain karena ada peluang yang harus segera diisi.
Baca juga:   Susi Pudjiastuti: Pentingnya Pendidikan Formal Bagi Generasi Muda Indonesia,
Dengan demikian, target pemerintah untuk 30 juta UMKM digitalisasi hingga 2024 mendatang dapat terealisasikan dengan baik. Menteri Koperasi UKM Teten Masduki, pun mengungkapkan bahwa di Indonesia saat ini usaha yang dirintis masyarakat kebanyakan usaha mikro. Penjualan pun paling efektif melalui media sosial.
  • Bagikan