Berita  

Kemnaker RI Gelar KKIN VIII 2022 di Padang, 150 Instrukstur se-Indonesia Ikut Andil

Afriansyah Noor mengatakan, KKIN merupakan ajang unjuk kemampuan keterampilan teknis dan metodologi mengajar para instruktur di lembaga pelatihan.

Wamenaker, Afriansyah Noor saat memberikan kata sambutan di KKIN VIII di Padang, (Foto: Klikkoran.com)
Wamenaker, Afriansyah Noor saat memberikan kata sambutan di KKIN VIII di Padang, (Foto: Klikkoran.com)

KLIKKORAN.COM – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI menggelar Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VIII tahun 2022 di Kota Padang yang berlangsung di The Premiere Hotel, Padang, Minggu (2/10/2022).

Hadir pada kesempatan itu, Wamenaker Afriansyah Noor, Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi, Direktur Jenderal Binalavotas, Budi Hartawan, Wali Kota Padang Hendri Septa dan jajaran BPVP se-Sumbar.

Acara pembukaan ditandai dengan ditabuhnya alat musik tradisional Minangkabau, yaitu gandang tasa, oleh pejabat terkait. Ajang kompetisi ini rencananya digelar di ibukota Provinsi Sumbar itu hingga Sabtu (7/10/2022).

Baca juga: Ada Uang Gratis Rp600 Ribu Resmi dari Pemerintah, Cek bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id SEGERA

Wamenaker, Afriansyah Noor mengatakan, KKIN merupakan ajang unjuk kemampuan keterampilan teknis dan metodologi mengajar para instruktur di lembaga pelatihan.

Ada sekitar 150 orang instrukstur dari seluruh Indonesia yang mengikuti ajang kompetisi ini. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas instrukstur di Indonesia. Hal ini karena instrukstur tersebut mengajarkan keterampilan kejuruan kepada masyarakat.

“Intinya, KKIN diharapkan bisa menciptakan instruktur-instruktur yang handal untuk tenaga skill yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Direktur Jenderal Binalavotas, Budi Hartawan mengatakan, ada 12 bidang keahlian yang diperlombakan pada ajang ini, yaitu pengelasan, otomotif kendaraan ringan, otomotif sepeda motor, listrik, pendingin, elektronika, IT busol, desain grafis, CAD, garmen, kecantikan dan restoran service.

Baca juga: Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, Santunan Kematian BPJS Ketenagakerjaan Rp 564 juta

“KKIN di Padang ini merupakan final dari beberapa kompetisi regional yang telah digelar di Bekasi, Solo, dan Kendari,” imbuhnya.

Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi juga mengatakan, lewat ajang ini, para peserta dapat berbagi ilmu terkait dengan pendekatan yang digunakan instrukstur dalam mengajar.

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Klikkoran.com di Google News