Daerah  

Kerja Sama Dengan BPBD, Satgas TMMD Ke-110 Gelar Sosialisasi Kebencanaan

MENTAWAI – Satgas TMMD Ke- 110 juga merambah ke sosialisasi penyuluhan penanggulangan bencana, bertempat di Aula Kantor BPBD Km 5
Desa Tuapejat. Sosialisasi berjalan lancar dengan antusias masyarakat sekitar yang hadir.

Satgas TMMD bersama tim penyuluhan dari BPBD Kepulauan Mentawai dengan pembawa materi langsung di bawakan oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik Amir Ahmari S,sos MM, MAP, beserta Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Korneliu Sekretaris BPBD Jarson yang langsung di dampingi oleh Pasiter Kodim 0319 Mentawai Letda Inf James Sibarani.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut secara ringkasnya adalah, gambaran umum tentang penanggulangan bencana, perbedaan bencana alam dan non alam seperti konflik sosial, pengenalan terhadap bencana.

Baca juga:   36 Kali Guguran Lava Pijar Merapi Ke Barat Daya, BPPTKG: Belum Memutuskan Pulangkan Pengungsi

Apa itu bencana, dan apa saja jenis-jenis bencana, konsep kejadian bencana, pemberitahuan kejadian bencana di daerah, Analisis bencana di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Penyelenggaraan penanggulangan bencana, Cara mengenali bencana serta mengurangi resiko, Tugas dan fungsi relawan dalam penanggulangan bencana.

“Bencana yang sering terjadi di Mentawai yaitu banjir, tanah longsor, Kebakaran hutan lahan, gempa bumi, Abrasi, Cuaca ekstrim, Kemarau panjang, wabah penyakit”, ujar Pasiter.

“Jangan mudah terpancing isu bencana gempa bumi karena ada beberapa oknum yang memanfaatkan situasi dalam hal ini”, ujarnya.

Diharapkan melalui penyuluhan tersebut masyarakat akan mengetahui apa yang harus dikerjakan dan dihindari apabila terjadi bencana di daerah khususnya Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara dan sekitarnya, tambah James.