Kewajiiban Apa Saja yang Harus Dilakukan oleh Seorang Guru Terhadap Murid

Berikut kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang guru terhadap muridnya

Sumber Foto: hidayatullahsemarang.com
Sumber Foto: hidayatullahsemarang.com

KLIKKORAN.COM – Hubungan guru dan murid adalah seperti hubungan anak dan orang tuanya di rumah.

Hubungan guru dan murid biasanya akan harmonis dan akrab apabila hak dan kewajiban kedua belah pihak saling terpenuhi.

Sama halnya seorang murid memiliki adab dan kewajiban kepada guru, maka guru juga memiliki kewajiban kepada muridnya.

Baca juga: Adab dan Kewajiban Seorang Murid Terhadap Guru, Berikut Penjelasannya

Sebagaimana yang telah dituliskan oleh Dr. Muhammad Abdurrahman, M.Ed., dalam bukunya mengenai apa saja yang menjadi kewajiban seorang guru terhadap murid yaitu sebagai berikut :

1. Seorang guru dalam menjalankan tugasnya harus lebih banyak memiliki unsur keikhlasan karena Allah SWT. Menjalankan tugasnya dengan niat ikhlas beramal saleh dan mengharap ridho Allah SWT. Dan apabila dia diberi gaji maka terimalah tetapi jangan pernah menentukan harus dibayar berapa, karena akan menghilangkan unsur keikhlasan tersebut.

2. Seorang guru pasti akan menjadi teladan bagi muridnya karena dia telah menjadi pengasuh, pendidik dan pembimbing muridnya. Karena itu seorang guru harus bisa mencapai tingkat contoh teladan baik bagi murid.

3. Seorang guru harus membalas kehormatan murid dan menanamkan kasih sayang kepada mereka sehingga murid tidak takut akan berkumpul dengan gurunya.

Disinilah diperlukan adanya kelembutan dan keramahan seorang guru agar murid tidak menganggap gurunya sebagai seorang yang menakutkan dan menyeramkan.

Baca juga: Susunan Kegiatan Lomba Hari Guru Nasional 25 November 2022 Sebagai Inspirasi Bagi Murid di Sekolah

4. Setiap guru harus adil dalam mengajar dan membimbing murid-muridnya. Setiap pelajar harus mendapatkan kasih sayang, perhatian dan bimbingan yang sama dari gurunya.

5. Seorang guru perlu menguasai keilmuannya dan mempunyai persiapan bacaan yang cukup dengan semua ilmu yang berkaitan dengan bidangnya.

6. Seorang guru perlu memberikan informasi tentang pengalaman hidupnya kepada murid dalam hal yang baik-baik. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar membangkitkan semangat muridnya untuk belajar dan untuk hidup di dunia ini dengan penuh semangat.

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Klikkoran.com di Google News