Lirik Lagu Wajib Upacara Bendera Hari Guru Nasional, Nyanyikan pada 25 November 2022

Kumpulan Ucapan, dan Kutipan Hari Guru Nasional 25 November 2021 (Pic: salamadian.com)

KLIKKORAN.COM – Ada 2 jenis lagu wajib yang harus dinyanyikan saat pelaksanaan upacara bendera dalam memperingati Hari Guru Nasional 2022 yang jatuh pada tanggal 25 November 2022 mendatang.

Kemendikbud Ristek, bahkan melampirkan lirik lagu tersebut pada pedoman resmi pelaksanaan upacara yang dilakukan setiap tanggal 25 November tiap tahunnya.

Lagu tersebut berjudul “Hymne Guru” ciptaan Sartono dan Terima Kasih Guruku, karangan Sri Widodo, menjadi salah satu agenda wajib dalam upacara bendera.

Kamu dapat menyanyikan lagu Hymne Guru setelah pembacaan naskah pembukaan UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 atau penganugerahan tanda kehormatan satya lancana pendidikan.

Kemudian, lagu Terima Kasih Guruku juga dinyanyikan sebagai agenda lanjutan setelah pembina upacara menyampaikan pidato terkait.

Baca juga:   Arti Lagu Until I Found You by Stephen Sanchez dalam Terjemahan Bahasa Indonesia

Berikut lirik lagu Hymne Guru dan Terima Kasih Guruku yang dijadikan sebagai lagu wajib, ketika laksanakan upacara bendera di Hari Guru Nasional 25 November.

Makna Lagu Hymne Guru

Menurut Portal Sonora, makna dari lagu Hymne Guru ialah menceritakan tentang pentingnya peran seorang guru dalam memberikan pendidikan setiap anak.

Pada baris pertama lagu, “Terpujilah, wahai engkau ibu bapak guru”, ditegaskan bahwa seorang guru tidak terbatas hanya mengajar di ruang kelas.

Guru adalah sosok pendidikk yang mencerdaskan generasi muda dan membuatnya menjadi pribadi yang bermoral dan berbudi pekerti.

Dia memiliki rasa kewajiban moral yang kuat.

Lagu ini juga mengandung makna tentang jasa para guru yang dikenang selalu dalam membantu anak-anak muridnya untuk menjadi pribadi unggul di masa depan.

Baca juga:   Chord Gitar Remember Me - Michael Schulte dan Terjemahan Indonesia

Setiap nasihat dan ilmu yang diturunkan sangat penting untuk bertahan hidup di masa lalu, seperti dalam lagu “Namamu akan selalu hidup di sanubariku”.

“Semua baktimu akan kuukir didalam hatiku, sebagai prasasti terima kasihku tuk pengabdianmu,” adalah kalimat terakhir dari bait tersebut.

Membawa Makna jika bakti dan jasa guru para murid-muridnya seumur hidup akan selalu terkenang di hati.

Kemudian, pada lirik “Engkau sebagai pelita dalam bayangan, Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan, Engkau patriot pahlawan bangsa, dan Engkau patriot pahlawan bangsa, tanda tanpa jasa” tersirat bahwa guru adalah penerang bimbingan dan dorongan Guru untuk bergerak maju ke masa lalu sangatlah penting.

Baca juga:   Lirik Akhire Lungo oleh RNK yang Viral di TikTok

Lirik Lagu Hymne Guru

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup
Dalam sanubariku

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Klikkoran.com di Google News