Berita  

Memburuknya Situasi Pasar Global, GoTo, Ruang Guru dan Amazon PHK Massal Karyawan

GoTo PHK ribuan karyawan, Ruang Guru PHK ratusan karyawan dan Amazon PHK 10.000 karyawan

Amazon, Ruang Guru dan GoTo PHK massal karyawannya. (Foto: Klikkoran.com)
Amazon, Ruang Guru dan GoTo PHK massal karyawannya. (Foto: Klikkoran.com)

KLIKKORAN.COM – Terdapat banyak perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal kepada karyawannya hingga November 2022.

Diantaranya ada GoTo (Gojek Tokopedia), GoTo merupakan perusahaan ekosistem digital berbasis teknologi Indonesia yang didirikan 17 Mei 2021.

Sebanyak 1.300 karyawan perusahaan tersebut diberhentikan sepihak dengan uang pesangon kerja selama 3 bulan, melalui sebuah surat dari bos William.

Selain itu, Ruang Guru juga melakukan hal yang sama para ratusan pekerja mulai 18 November 2022 karena situasi pasar global sedang memburuk drastis.

Sebelumnya, perusahaan Internasional Amazon juga telah memecat 10.000 karyawannya dan akan terus dilakukan sampai awal tahun 2023 mendatang.

GoTo PHK 1.300 Karyawan

Bos GoTo, Andre Soelistyo memberikan surat pada karyawan yang di PHK-nya mulai 18 November 2022 berdasarkan publikasi manajeme.

Baca juga:   GoTo Bagi Saham Gratis untuk Driver Gojek, Berikut Cara Mendapatkannya

“Hari ini saya, William, dan tim manajemen harus membuat keputusan sulit untuk berpisah dengan 1.300 atau 12% rekan kerja dan teman-teman di GoTo yang kita sayangi dan telah turut menyukseskan perusahaan ini.,”

“Saya meminta maaf karena tidak dapat menyampaikan keputusan ini lebih awal. Ini adalah keputusan yang sangat sulit dan kompleks, sehingga kami perlu waktu untuk memastikan bahwa segala sesuatu direncanakan dengan matang sehingga rekan-rekan yang terdampak mendapat perlakuan terbaik dengan rasa hormat yang tinggi dari kita semua,” terangnya.

Menurut manajemen terkait, pihaknya mengambil langkah tersebut dengan tujuan perampingan karyawan guna mendorong percepatan finansial.

Ruang Guru PHK Ratusan Karyawan

Selain GoTo, Ruang Guru juga PHK ratusan karyawannya lantaran pasar global yang tidak baik.

Baca juga:   Kode Promo Ruang Guru Hari Ini Sabtu 21 Mei 2022 Untuk Dapatkan Diskon Belajar Online Hingga 65%

“Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini,” ungkap Tim Corporate Communications Ruangguru melansir CNNIndonesia.

Alasan pemberhentian kerja sepihak itu, diduga karena situasi pasar global yang memburuk drastis meski layanan perusahaan terkait tetap berjalan baik.

“Ruangguru tetap optimis dengan prospek, kesempatan, dan posisi unik yang dimiliki oleh Ruangguru untuk terus memberikan akses terhadap layanan pendidikan berkualitas bagi semua,” jelasnya.

Amazon PHK 10.000 Karyawan

Sementara Amazon PHK hingga 10.000 karyawannya, juru bicara Amazon, Kelly Nantel pun mengungkapkan alasan terkait dikutp dari TechCrunch.

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Klikkoran.com di Google News