Meski Tidak Berpotensi Tsunami, Gempa di SUMUT Terasa Hingga ke SUMBAR

  • Bagikan
Ilustrasi gempa (Foto: tirto/iStockphoto)
Ilustrasi gempa (Foto: tirto/iStockphoto)
Info Gempa – Gempa bumi wilayah Nias Barat, Sumatera Utara berkekuatan 7.2M yang getarannya sampai hingga ke Sumbar. Baca juga : Info Gempa Terkini di Pulau Sumatera, Wilayah Bengkulu Utara dan Mentawai Sumatera Barat
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga mewaspadai gempa susulan, meski BMKG memastikan gempa tak berpotensi tsunami.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis laman BMKG, Jumat (14/05/21).

Hasil analisis, pusat gempa berada di 141 kilometer Barat Daya Nias Barat dengan kedalaman 19 kilometer. Gempa berada pada koordinat 0,10 Lintang Utara (LU) dan 96,53 Bujur Timur (BT).
Baca juga:   Kapolres AKBP. Andry Kurniawan Gelar Aksi Hijaukan Pinggiran Batang Kuantan

“#Gempa Mag:7.2, 20-Apr-21 13:33:07 WIB, Lok:0.10 LU,96.53 BT (142 km BaratDaya NIASBARAT-SUMUT), Kedlmn:19 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG,” tulis BMKG dalam akun Twitter.

Baca juga : Akibat Guncangan Gempa 5,8 SR Sirene Mengaung-Gaung Warga Tiku Panik Hingga kini, belum diketahui dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut termasuk kerusakan maupun korban luka. Beberapa hari belakangan Indonesia dilanda gempa lagi, meski tidak dengan skala besar tetap saja bikin waswas. Dikutip dari IDNtimes, hal-hal yang perlu di lakukan ketika terjadi gempa.
  1. Jika berada dalam bangunan saat gempa
  • Jongkok dan berlindung di bawah perabotan rumah, misalnya meja yang stabil, yang bisa melindungi tubuh dari potensi runtuhnya perabotan.
Baca juga:   Gempa Terkini Wilayah Sulawesi Tenggara Tidak Berpotensi Tsunami
Tetap berlindung sampai guncangan berhenti. Jika tidak ada meja, lindungi wajah dan kepala dengan tanganmu, dan ambil posisi di sudut bangunan.
  • Jauhi benda terbuat dari kaca, baik jendela maupun lemari, pintu, dinding pembatas ruang, lampu gantung yang dapat runtuh atau pecah.
  • Tetap tinggal di tempat tidur jika kamu ada di kamar saat gempa, lindungi wajah dan kepala dengan bantal.
Pastikan kamu tidak berbaring di bawah lampu gantung yang mungkin jatuh.
  • Bagikan