Rangkuman Bahasa Tertua di Dunia yang Masih Ada Hingga Sekarang

  • Bagikan
foto : ancientlanguage.com
Gaya Hidup – Komunikasi adalah hal dasar yang harus dilakukan manusia sehari-hari, diantara jenis komunikasi itu salah satunya adalah berbahasa yang baik dan benar. Baca juga : Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi, Buat Kamu Pejuang SNMPTN dan SBMPTN 2021 Tanpa bahasa, kesalahpahaman hingga pertikaian akan sangat mungkin terjadi yang bahkan perbedaan bahasa kerap menjadi kesulitan para pelancong. Seperti yang diketahui, dunia memiliki beragam bahasa yang tersebar di setiap negara. Namun, dapatkan kamu menebak bahasa mana yang disebut tertua di dunia? Siapa yang menyangka bahwa bahasa-bahasa tersebut masih digunakan hingga sekarang, berikut adalah sembilan bahasa tertua di dunia yang masih ada dan digunakan.
Baca juga:   Fakta-fakta Terkait Seleksi CPNS 2021, Berikut Rangkumannya!
  1. Ibrani
Dunia tahu betul bahwa bahasa Ibrani merupakan bahasa yang digunakan oleh penduduk Israel. Namun, tahukah kamu? Penggunaan bahasa tersebut di muka bumi sebenarnya sudah digunakan sejak 1000 SM berdasarkan laman resmi Tleninstituut Nederland. Dari situlah, pengembangan bahasa Ibrani terjadi dari masa ke masa. Hingga akhirnya, bahasa Ibrani dijadikan sebagia bahasa liturgi untuk masyarakat Yahudi di seluruh dunia. Selanjutnya, bahasa ini pun diresmikan pada sekitar abad ke-19 dan 20.
  1. Talim
Kamu pasti cukup familiar dengan negara Sri Langka dan Singapura, bukan? Tahukah kamu? Keduanya memiliki kesamaan dalam penggunaan bahasa Talim sebagai salah satu bahasa resmi, yang dikenal sebagai bahasa klasik yang bertahan hingga masa modern.
Baca juga:   Tenda Resepsi Perkawinan Tutupi Seluruh Badan Jalan, Dishub Pariaman Minta Maaf
Yup, berdasarkan sebuah penelitian dan temuan prasasti, bahasa Tamil diperkirakan telah ada sejak abad 300 SM. Bukti temuan lain pun meyakini bahwa bahasa tersebut pertama kali muncul pada sekitar 2500 SM. Hingga sekarang, ia masih dilestarikan hingga dituturkan oleh sekitar 78 juta orang di dunia.
  • Bagikan