Sherlilab Launching Film Dokumenter dan Buku di Dua Kota, Sungai Penuh serta Jambi

Dokumentasi: Sherlibab
Dokumentasi: Sherlibab

Acara yang berlangsung pada Rabu (2/ 11) dimulai pukul 14.00 siang berlangsung hangat dan akrab.

Peserta yang umumnya mahasiswa UIN Sutha, mengajukan banyak pertanyaan menarik mengenai Tino Mariam, tale dan pelestariannya.

Khususnya mengenai budaya masyarakat Kerinci yang masih diwarnai oleh hal-hal yang bersifat metafisik.

Launching selanjutnya dilakukan di Universitas Jambi pada hari Kamis (3/11) siang difasilitasi oleh Prodi Sendratasik Unja.

Dokumentasi: Sherlibab
Dokumentasi: Sherlibab 2022

Acara yang dibuka oleh Prof. Mahdi Bahar dan Ka.Prodi Sendratasik, turut dihadiri oleh Prof. Dr. Nazurty sebagai salah satu penulis di dalam buku bunga rampai Tino Mariam dan Pelestarian Tale Kerinci.

Penonton mengapresiasi terselenggaranya acara yang dianggap dapat mengetuk kesadaran generasi muda untuk dapat melestarikan warisan budaya, khususnya tradisi Tale Kerinci.

Baca juga:   Rekomendasi Film atau Series Dokumenter yang Seru, Diantaranya Genre Kriminal

Launching terakhir, berlangsung di Asrama Haji Jambi (3/11) malam, yang difasilitasi oleh Ikatan Mahasiswa Kerinci Sungai Penuh (IMKS).

Acara yang dibuka oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi ini, juga dihadiri oleh bujang dan gadih Kerinci yang ada di kota Jambi, perantau Kerinci, serta anak-anak muda Kerinci yang berada di kota Jambi.

Diharapkan dengan adanya pemutaran film dan buku, ada upaya konkrit dari Pemerintah Daerah untuk melestarikan tradisi Tale sebagai warisan budaya Melayu Tua (Proto Melayu) Kerinci. (KK)

Tonton juga video Youtube Klikkoran.com di bawah ini:

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Klikkoran.com di Google News