Tanpa Pemberitahuan, Karyawan Ini di PHK Ruang Guru Setelah 4 Tahun Kerja

Berikut isi curhatan karyawan Ruang Guru yang di PHK tanpa pemberitahuan.

PHK Ruang Guru Foto: Adamas Belva Syah Devara
Adamas Belva Syah Devara, CEO Ruang Guru yang PHK 100 karyawannya pada 18 November 2022 (foto: Instagram @belvadevara)

KLIKKORAN.COM – Mengaku tidak pernah dapat pemberitahuan sebelumnya, salah seorang karyawan curhat imbas PHK masal oleh Ruang Guru.

Berikut curhat salah seorang karyawan yang di PHK oleh perusahaan Ruang Guru setelah bekerja selama 4 tahun.

Melansir dari Tempo, buntut pemecatan ratusan karyawan perusahaan start up, Ruang Guru pada 18 November 2022 yang tiba-tiba tentunya membuat mereka kaget.

Hal itu diungkapkan dalam sesi curhat oleh seorang pekerja yang tidak ingin disebutkan namanya, melalui rentetan kronologi berikut.

Curhat karyawan di PHK tanpa pemberitahuan

Awalnya, di pagi hari sekitar pukul 7 pada 18 November 2022, karyawan itu dijadwalkan dalam sebuah pertemuan lewat google calender.

Ia cukup kaget karena pertemuan tersebut dilakukan dengan atasan yang level jabatan cukup jauh darinya, penjadwalannya pada siang hari.

Baca juga:   Kode Promo Ruang Guru Hari Ini Sabtu 21 Mei 2022 Untuk Dapatkan Diskon Belajar Online Hingga 65%

Kemudian pada 8.30 pagi, ia masih datang ke kantor dan bekerja seperti biasa dengan banyak perencanaan kegiatan untuk seminggu ke depan.

Namun pukul 10.00 WIB, pekerja itu mendapatkan notifikasi ada sejumlah uang masuk ke rekeningnya yang bahkan sempat ingin dilaporkan.

“Kaget karena hanya tertulis asalnya dari Fliptech. Sempat mau telepon call center bank, namun karena padatnya pekerjaan. Saya lupa,” ujarnya melansir Tempo.

Selanjutnya, rapat dengan atasan tersebut pun dimulai dan pemberitahuan terkait keputusan PHK pada beberapa karyawan Ruang Guru, akhirnya terungkap.

Menurut pekerja tersebut, menyebut bahwa pihak perusahaan mem-PHK dirinya bukan karena peforma tapi sebab langkah efisiensi menghadapi pasar global.

Baca juga:   Penyebab Buruh Geram Terhadap Omnibus Law Ciptaker, Apakah Perbedaannya Dengan UU Ketenagakerjaan?

“Atasan saya sempat terhenti berbicara. Saya tahu beliau menahan air mata karena dari pagi-sore sangat banyak yang one on one dengan beliau. Dan ini bukanlah hal yang mudah bagi beliau,” jelasnya.

Ruang Guru juga memberi kelonggaran terkait penggunaan asuransi yang dapat dipakai hingga akhir bulan, bahkan konseling psikologi.

Terdapat sejumlah uang yang terdiri dari pesangon bagi karyawan terdampak untuk segera dapatkan kerjaan baru, penghargaan dan jatah cuti.

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Klikkoran.com di Google News