Tata Cara, Bacaan Sholat Idul Adha serta Adab Sesuai Sunnah (2022 M/1443 H)

Tata Cara, Bacaan, Sholat Idul Adha serta Adab Sesuai Sunnah (2022 M/1443 H) pixabay

KLIKKORAN.COM – Pada artikel ini terdapat tata cara dan bacaan Sholat Idul Adha (2022 M/1443 H) doa serta adab nya sesuai Sunnah.

Salat Id merupakan ibadah salat sunnah yang dilakukan setiap Idul Fitri dan Idul Adha.

Salat Id termasuk dalam salat sunnah muakad, artinya salat ini meskipun bersifat sunnah, tetapi sangat penting sehingga sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkannya.

Niat salat, sebagaimana pada salat-salat yang lain cukup diucapkan di dalam hati, yang terpenting adalah niat hanya semata karena Allah semata dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan rida-Nya.

Waktu Pelaksanaan Shalat ‘Ied

Menurut mayoritas ulama –ulama Hanafiyah, Malikiyah dan Hambali-, waktu shalat ‘ied dimulai dari matahari setinggi tombak hingga waktu zawal (matahari bergeser ke barat).

Baca juga:   Jadwal Puasa Arafah Idul Adha 1443 H 2022 M, Bacaan Niat dan Keutamaan

Ibnul Qayyim mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengakhirkan shalat ‘Idul Fitri dan mempercepat pelaksanaan shalat ‘Idul Adha. Ibnu ‘Umar yang sangat dikenal mencontoh ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah keluar menuju lapangan kecuali hingga matahari meninggi.”

Tujuan mengapa shalat ‘Idul Adha dikerjakan lebih awal karena agar orang-orang dapat segera menyembelih qurbannya.

Adab dan Sunnah Sholat Idul Adha

Termasuk sunnah yang seharusnya dilakukan seorang muslim pada hari Id adalah sebagai berikut;

1. Mandi sebelum berangkat untuk shalat Id.

Terdapat riwayat shahih dalam Kitab Al-Muwaththa dan lainnya bahwa Abdullah bin Umar mandi pada hari Id sebelum berangkat ke tempat shalat. (Al-Muwaththa, no. 428). An-Nawawi rahimahullah menyebutkan adanya kesepakatan ulama tentang disunnahkannya mandi untuk shalat Id.

Baca juga:   Jumlah Takbir Sholat Idul Fitri 2022 Ada Berapa? Begini Tata Cara Pelaksanaan dan Panduan Niatnya!

Alasan yang menjadi sebab disunnahkannya mandi pada hari Jumat dan atau kesempatan lainnya saat kaum muslimin berkumpul secara umum, juga terdapat pada shalat Id, bahkan boleh jadi pada shalat Id alasan itu lebih kuat.

2. Makan sebelum shalat Id pada Idul Fitri, dan sesudahnya pada hari Idul Adha.

Termasuk adab pada hari Idul Fitri, tidak berangkat shalat sebelum memakan beberapa butir korma, sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dari Anas bin Malik, dia berkata, ‘Adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak berangkat pada hari Idul Fitri sebelum memakan beberapa butir korma, dan dia memakannya dengan jumlah ganjil.” (HR. Bukhari, no. 953)

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Klikkoran.com di Google News

Baca juga:   Download Teks Ceramah Khutbah Idul Adha 1443 H 2022 PDF, Pelajaran dari Kisah Nabi Ibrahim AS