Waspada Setir Bergetar Berlebihan, Apakah Ban Mobil Bermasalah? Perhatikan Tanda-tanda Ini

  • Bagikan
Setir Bergetar Berlebihan, Apakah Ban Mobil Bermasalah?
Setir Bergetar Berlebihan, Apakah Ban Mobil Bermasalah?

KLIKKORAN.COM – Kita mungkin harus segera melakukan pengecekan apabila menemukan kondisi setir bergetar berlebihan saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Pasalnya tidak jarang, kondisi ini akan menyebabkan setir berubah haluan ke kanan atau kiri dengan sendirinya.

Sekilas situasi ini tampak tidak terlalu serius, tapi kondisi tersebut merupakan tanda bahwa ban mobil anda membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Pada artikel ini kita akan memngulas mengenai Setir Bergetar Berlebihan, Apakah Ban Mobil Bermasalah?

Setir bergetar berlebihan tentu bukan masalah sepele karena setir yang berubah haluan secara mendadak sangat memungkinkan terjadinya kecelakaan.

Perlu diketahui, salah satu penyebab setir bergetar adalah masalah pada bagian ban yang patut diwaspadai.

Baca juga:   Ban Canggih Tanpa Udara, Inovasi Ban Masa Depan Hankook Platform System (CPS)-Cell Sabet Penghargaan Di Tiga Ajang Desain Internasional

Perhatikan juga tanda-tanda yang muncul seperti posisi roda yang dapat akan berubah seiring jangka waktu pemakaian, kondisi jalan yang ditempuh, serta gaya mengemudi.

Cara lain untuk mengetahui apakah ban kendaraan Anda sudah harus memerlukan alignment adalah dengan membawa mobil dalam kecepatan rendah seperti 40 hingga 50 km/jam.

Jika setir berbelok sendiri ke arah kanan atau kiri, tandanya ban sudah harus mendapatkan perawatan.

Setiap beberapa perioded pemilik kendaraan perlu melakukan wheel alignment atau yang lebih dikenal dengan istilah spooring untuk menyelaraskan setelan posisi roda agar menyeimbangkan antara setelan toe, camber atau caster.

Proses alignment pada ban wajib dilakukan oleh pemilik dan pengendara mobil ketika posisi setir sudah tidak searah dengan posisi ban mobil.

Baca juga:   Baca Manga One Piece Chapter 1034 Sub Indo Versi Raw Scan Full Pic: Sanji Vs Queen

Hal tersebut umumnya diakibatkan oleh posisi dari sudut camber dan sudut caster yang sudah melenceng terlalu jauh.

Perubahan signifikan akibat ketidaksesuaian dari posisi ban paling sering ditemukan ketika keadaan setir tidak bisa lurus, sehingga membuat pengendara seakan-akan sulit untuk mengendalikan mobil.

  • Bagikan