15 Kiat Mengajarkan Anak dalam Menggunakan Toilet Sedari Dini

×

15 Kiat Mengajarkan Anak dalam Menggunakan Toilet Sedari Dini

Bagikan berita
Kiat toilet training untuk anak (Foto:  Istimewa)Kiat toilet training untuk anak (Foto:  Istimewa)
Kiat toilet training untuk anak (Foto: Istimewa)Kiat toilet training untuk anak (Foto: Istimewa)

KLIKKORAN.COM - Berikut kiat-kiat mudah yang dilakukan momy-momy dirumah agar anak lebih pintar dan terlatih lagi dalam menggunakan toilet.Karna pengajaran training toilet ini sangat penting diajarkan untuk anak-anak dari usia dini.

Sedari dini anak harus diajarkan cara menggunakan toilet dengan sendiri, apalagi sudah memasuki dunia pendidikan.

Baca juga: 12 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh, Ternyata dapat Sebagai Obat Herbal Pencegah Jerawat

Untuk itu, simaklah beberapa kiat untuk melatih anak untuk menggunakan toilet sendiri.

15 Kiat Mudah Mengajarkan anak Menggunakan Toilet

1. Carilah bantalan kloset untuk anak agar anak merasa aman.Kegunaan bantalan ini sangat berarti, meskipun hanya digunakan sesaat. Memiliki kloset dengan ukuran anak akan lebih baik dari pada kloset besar.

2. Suara keras dan gerakan berputar air di kloset bisa membuat anak takut, sebaiknya tidak memutar kloset ketika anak sedang di atas kloset.Karna imajinasi anak yang hebat, melihat kloset bisa menyedot kotoran maka ia bisa saja membayangkan dirinya juga akan ikut tersedot kotoran. Maka ini akan lebih menghalangi anak dalam training toilet.

Baca juga: 7 Buah yang Bagus untuk Kulit, Cegah Keriput Tampil dengan Kulit Sehat dan Glowing
3. Gunakan kata-kata yang sopan yang bisa dijadikan  pembeda untuk anak antara buang air besar dan buang air kecil. Seperti BAK untuk buang air kecil dan BAB untuk buang air besar.

4. Menyiram kotoran sebaiknya saat anak tidak berada di atas kloset atau lebih baik orangtua meminta anaknya yang menyiram sendiri kotorannya.Bawa anak ke kamar mandi setiap jam-jam atau perkiraan waktu anak buang air.

Lakukan secara perlahan-lahan, anak akan belajar menghubungkan keinginan buang air dengan menggunakan toilet.Sebaiknya mengajari anak dari belajar duduk, sampai ia tahu apa gunanya toilet itu.

Baca juga: Saldo DANA Gratis Rp50.000 Per Hari! Mainkan Game Penghasil Uang Ini Sekarang Juga!!
5. Ketika latihan buang air besar bawa anak ke toilet biasanya di pagi hari atau hanya sesaat setelah anak habis makan banyak.

6. Sebaiknya jika anak berada di toilet biarkan anak tenang duduk di toilet.Biarkan ia konsentrasi dengan latihannya, atau bacakan dia buku anak-anak yang bercerita tentang menggunakan toilet.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 127572
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini