Hadapi Gempa Tanpa Pemberitahuan Dengan Lakukan Hal Ini

  • Bagikan
Ilustrasi gempa. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi gempa. (Foto: Shutterstock)
Nasional – Beberapa hari terakhir, telah terjadi gempa bumi wilayah Indonesia diantaranya Papua, Sulawesi Utara hingga Padang Panjang, Sumatera Barat. Berikut hal ini yang harus dilakukan jika terjadi gempa! Baca juga : Gempa Terkini Wilayah Sulawesi Tenggara Tidak Berpotensi Tsunami Terutama gempa bumi ini bisa terjadi kapan saja tanpa pemberitahuan, maka dari itu bersiaplah untuk menghadapinya dengan melakukan tiga hal berikut untuk melindungi diri dan keluarga tercinta. Melansir pemberitaan Pikiran Rakyat Cirebon pada 11April 2021 lalu, ahli Universitas Washington menyebut bahwa penyelamat berhati-hati agar tidak membuat kesalahan selama menghindari gempa bumi. 1. Jika berada dalam ruangan – Cari perlindungan di bawah meja terdekat dan bersiaplah untuk bertahan sampai guncangan berhenti
Baca juga:   IAIN Batusangkar Lakukan UM-PTKIN Secara Daring, Karena Alasan Ini
– Tetap dalam ruangan tersebut sampai dirasa aman untuk keluar – Jauhi rak buku dan furnitur lain yang dapat menimpa dari atas – Jauhi jendela dan perlengkapan sekitar – Jika berada ditempat tidur, tunggu dan tetap di sana dan lindungi kepala menggunakan bantal jika ada hal buruk menimpa seperti pecahan kaca yang beterbangan dan puing-puing lainnya. – Jika sedang menggunakan kursi roda, pergi ke posisi aman dan kunci rodanya. Tetap seperti itu, tutupi kepala dan leher dengan lengan jika belum mampu bergerak cepat ke lokasi yang aman. – Jika berada dalam gedung tinggi, hindari jendela dan potensi bahaya lainnya. Jangan gunakan elevator, jika nekat keluar gedung gunakanlah tangga darurat atau segera membuka pintu darurat terdekat.
Baca juga:   Pembaruan Aplikasi Dapodik 2021.c, Berikut Link dan Cara Downloadnya!
2. Jika berada diluar ruangan – Jatuhkan diri ke tanah ditempat yang jelas jauh dari bangunan, pohon dan kabel listrik. – Jika sedang mengemudi segera menepi, berhenti dan setel rem tangan, hindari jalan layang, jembatan, kabel listrik, pohon, rambu, gedung, kendaraan dan benda lain yang mungkin menimpa kendaraan.
  • Bagikan